Minggu, 18 November 2012

Perpustakaan SMA 1 Blora


Perpustakaan SMAN 1 Blora letaknya sangat strategis. Letak perpustakaan ini berada di tengah-tengah area SMA 1 Blora  dan  dikelilingi oleh beberapa laboratorium. Di sebelah selatan adalah laboratorium Biologi dan Bahasa, sedangkan di sebelah utara terdapat laboratorium Kimia, Fisika, IPS, serta TIK di atasnya. Tak hanya itu, di depan perpustakaan ini terdapat lapangan olah raga, di sebelah barat terdapat deretan kelas 12 IPS dan ruang guru, sedangkan di sebelah selatan terdapat deretan ruang kelas sebelas IPA maupun IPS serta tak lupa di sebelah utara terdapat deretan kelas sepuluh dan  dua belas IPA. Letak yang strategis ini sangat memudahkan bagi warga SMAN 1 BLORA untuk berkunjung ke perpustakaan.
Baru sampai di depan perpustakaan, kita sudah akan disambut dengan papan pengumuman buku baru atau biasa disebut display board. Dari papan ini kita dapat mengetahui buku-buku baru koleksi perpustakaan SMAN 1 Blora. Serta disertai cover dan judul yang tertampang, lebih memudahkan kita untuk mencari buku itu. Dan dengan sedikit deskripsi yang pastinya menambah penasaran dan selera untuk membacanya.
Ketika kita memasuki ruangan perpustakaan ini, maka kita akan disuguhi oleh rak-rak buku yang berisi segala macam buku yang tertata rapi. Ketika memasuki ruangan kita akan disapa oleh petugas perpustakaan  dan diminta untuk memasukkan kartu pengunjung. Hal ini digunakan untuk mendata tingkat minat warga SMAN 1 Blora yang berkunjung ke perpustakaan yang biasanya dinyatakan dalam grafik setiap bulannya.
Ketika kita sudah memasuki ruangan perpustakaan SMAN 1 Blora, maka kita akan merasakan sebuah sensasi udara yang segar. Karena perpustakaan ini dilengkapi dengan dua AC untuk kenyamanan pengunjung perpustakaan. Sehingga pengunjung merasa nyaman dan menjadikan perpustakaan sebagai sahabatnya. Akan tetapi jika, kita memasuki perpustakaan dengan membawa tas, maka taruh dulu tasnya di tempat penitipan tas. Oke? Agar lebih nyaman lagi dalam membaca dan memilih-milah buku.

Jika kita mau meminjam maupun mengembalikan buku, disini sudah dirintis sebuah sistem e-library atau perpustakaan digital. Jadi, management pinjam-meminjam buku sudah memakai sistem digital. Hal ini sangat mempermudah petugas maupun peminjam buku. Wahyu Supriyono mengatakan dalam bukunya Teknologi Informasi perpustakaan (2008:14) bahwa "Kemajuan perpustakaan banyak diukur dengan penggunaan teknologi informasi yang diterapkan". Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas, perpustakaan SMAN 1 Blora mengembangkan sistem digital dalam pelayanan perpustakaan.

6 komentar:

Bernadita XI.IPA mengatakan...

Untuk fasilitas sudah bagus....tapi mungkin ruangannya perlu diganti gedung yg baru ya......hee2222222222

dedex dhea mengatakan...

fasilitas ok gedung ok ruangan berrrrrrrrrrrrrr dingin bgt!!!!!!!!!!!!!!

okta82 mengatakan...

ruangan brerrr dingin
perputakaan SMA 1 BLORA POLKE
Jempol dan Oke!!!!!!!!!!!!!

dwi80 mengatakan...

POLKE

reni 12 mengatakan...

good.....

Anonim mengatakan...

Apik tenan

Posting Komentar

Rumah Belajar

Perpustakaan Nasional

 

Copyright 2012 PERPUSTAKAAN SMAN 1 BLORA by Juven Pratama, Nurezza Adi, Fariz Iqbal, Imam Hanafi