Kamis, 15 November 2012

Perpustakaan SMAN 1 Blora menuju Era Digital




Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Termasuk yang ada di lingkungan SMAN 1 Blora adalah perpustakaan SMAN 1 Blora itu sendiri.

Perpustakaan SMAN 1 Blora adalah perpustakaan yang berada di lingkungan SMAN 1 Blora. Perpustakaan ini melayani peminjaman buku bagi siswa, guru serta warga SMAN 1 Blora. Perpustakaan ini koleksi bukunya cukup lengkap, mulai dari buku umum, filsafat, fiksi, non fiksi hingga tak lupa buku pelajaran yang meliputi eksak, sosial serta bahasa yang melengkapi perpustakaan ini. Selain itu, yang membedakan perpustakaan ini dibandingkan dengan perpustakaan lain adalah adanya banyak buku induk resensi yang ada di rak resensi. Buku ini tak hanya dari lokal atau dari Indonesia, akan tetapi ada juga yang dari luar negeri yang masih berbahasa Inggris.

Dalam perkembangannya beberapa tahun ini, perpustakaan SMAN 1 Blora sedang merintis perpustakaan berbasis ICT yang akan menjadi sumber IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Diantara pogramnya yaitu telah dirintisnya pogram E-library untuk wider accessing informasi dan IPTEK sehingga hal ini akan mewujudkan kenyaman serta sahabat bagi pelajar SMAN 1 Blora dalam mencari sumber ilmu di perpustakaan.



Apalagi sekarang adalah sudah eranya teknologi. Perpustakaan-perpustakaan online sudah begitu marak di internet. Berbagai informasi pun sudah  diunggah ke internet, jadi dengan dirintisnya perpustakaan berbasis IPTEK di SMAN 1 Blora akan lebih memudahkan para siswa dalam mencari informasi yang lebih-lebih tidak didapat di perpustakaan SMAN 1 Blora.

Wahyu Supriyono mengatakan dalam bukunya Teknologi Informasi perpustakaan (2008:14) bahwa “Kemajuan perpustakaan banyak diukur dengan penggunaan teknologi informasi yang diterapkan.” Oleh karena itulah perpustakaan SMAN 1 Blora merintis perpustakaan yang berbasis ICT. Yang dalam perkembangan nanti akan lebih menyempurnakan fungsi perpustakaan. Selain sebagai media belajar dan bersantai, juga akan terasa nyaman sehingga akan menjadi sahabat bagi pelajar SMAN 1 Blora.

2 komentar:

bloody butterfly mengatakan...

Artikel bagus, izin bookmark dulu.....

Tri Kristiantoro mengatakan...

sippp artikelny tingkatkan lgi

Posting Komentar

Rumah Belajar

Perpustakaan Nasional

 

Copyright 2012 PERPUSTAKAAN SMAN 1 BLORA by Juven Pratama, Nurezza Adi, Fariz Iqbal, Imam Hanafi